Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan manusia karena
setiap warganegara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan agar
menjadi manusia yang berkualitas sehingga memiliki kemampuan untuk
memperoleh kehidupan yang layak. Apabila hal ini terwujud maka jumlah
penduduk yang besar tidak lagi menjadi beban tetapi akan menjadi potensi
yang besar bagi pembangunan.
Komponen pendidikan diukur oleh dua indikator, yaitu angka melek
huruf dan rata-rata lama sekolah. Dua indikator ini dipandang sebagai
pengukur tingkat pengetahuan masyarakat. Sedangkan tingkat pengetahuan
dan ketrampilan secara umum yang dimiliki oleh penduduk secara agregat
dapat digambarkan melalui rata-rata lama sekolah. Dengan demikian, dua
indikator tersebut dapat menggambarkan tentang kualitas penduduk secara
umum.
Beberapa indikator pendidikan yang akan disampaikan antara lain :
kemampuan baca tulis, rata-rata lama sekolah, tingkat pendidikan yang
ditamatkan, partisipasi sekolah dan angka putus sekolah.
Kemampuan Baca Tulis
Kemampuan baca tulis dipandang sebagai modal dasar minimal yang harus
dimiliki setiap individu, agar paling tidak mempunyai peluang untuk
terlibat dan berpartisipasi dalam pembangunan.
Pada tahun 2004 penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berumur 15
tahun keatas yang dapat membaca dan menulis (melek huruf) sebesar 78,3
persen dan yang buta huruf masih relatif banyak yaitu 21,7 persen. Ini
artinya dari 100 penduduk usia 15 tahun keatas terdapat (21 - 22) orang
buta huruf Dibandingkan tahun 2002 penduduk yang melek huruf sebesar
77,8 persen makaa terjadi peningkatan sebesar 0,5 persenn dari tahun
2004.
Bila dibandingkan antar kabupaten/ kota pada tahun 2004 terlihat
bahwa pada tabel 58, penduduk 15 tahun keatas yang melek huruf yang
paling tinggi berada di Kota Mataram dan. Kabupaten Sumbawa yaitu
masing-masing mencapai 91,8 persen dan 87,9 persen pada tahun 2004 dan
yang terendah di Kabupaten Lombok 'Tengah sebesar 69,5 persen. Apabila
dilihat dari perkembangannya dalam kurun waktu (2002-2004) Kabupaten
Dompu mengalami peningkatan yang cukup pesat yaitu dari 79,8 persen
menjadi 82,4 persen.
( http://www.batukar.info/wiki/pendidikan-ntb )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar