PENDIDIKAN adalah awal dari pembelajaran

Selasa, 16 Oktober 2012

pendidikan di NTB

Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan manusia karena setiap warganegara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan agar menjadi manusia yang berkualitas sehingga memiliki kemampuan untuk memperoleh kehidupan yang layak. Apabila hal ini terwujud maka jumlah penduduk yang besar tidak lagi menjadi beban tetapi akan menjadi potensi yang besar bagi pembangunan.
Komponen pendidikan diukur oleh dua indikator, yaitu angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah. Dua indikator ini dipandang sebagai pengukur tingkat pengetahuan masyarakat. Sedangkan tingkat pengetahuan dan ketrampilan secara umum yang dimiliki oleh penduduk secara agregat dapat digambarkan melalui rata-rata lama sekolah. Dengan demikian, dua indikator tersebut dapat menggambarkan tentang kualitas penduduk secara umum.
Beberapa indikator pendidikan yang akan disampaikan antara lain : kemampuan baca tulis, rata-rata lama sekolah, tingkat pendidikan yang ditamatkan, partisipasi sekolah dan angka putus sekolah.
Kemampuan Baca Tulis
Kemampuan baca tulis dipandang sebagai modal dasar minimal yang harus dimiliki setiap individu, agar paling tidak mempunyai peluang untuk terlibat dan berpartisipasi dalam pembangunan.
Pada tahun 2004 penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berumur 15 tahun keatas yang dapat membaca dan menulis (melek huruf) sebesar 78,3 persen dan yang buta huruf masih relatif banyak yaitu 21,7 persen. Ini artinya dari 100 penduduk usia 15 tahun keatas terdapat (21 - 22) orang buta huruf Dibandingkan tahun 2002 penduduk yang melek huruf sebesar 77,8 persen makaa terjadi peningkatan sebesar 0,5 persenn dari tahun 2004.
Bila dibandingkan antar kabupaten/ kota pada tahun 2004 terlihat bahwa pada tabel 58, penduduk 15 tahun keatas yang melek huruf yang paling tinggi berada di Kota Mataram dan. Kabupaten Sumbawa yaitu masing-masing mencapai 91,8 persen dan 87,9 persen pada tahun 2004 dan yang terendah di Kabupaten Lombok 'Tengah sebesar 69,5 persen. Apabila dilihat dari perkembangannya dalam kurun waktu (2002-2004) Kabupaten Dompu mengalami peningkatan yang cukup pesat yaitu dari 79,8 persen menjadi 82,4 persen.

( http://www.batukar.info/wiki/pendidikan-ntb )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar